Rabu, 14 Oktober 2015

Membuat Mesin Kelereng Dari Barang Bekas

Ini adalah proyek membuat ulang mesin yang telah dibuat di web site Arvind Gupta. Sayangnya mesin ini tidak ada templatenya, yang ada adalah contoh yang sudah jadi serta beebrapa foto cara membuatnya yang menurut kami kurang lengkap  sehingga kita harus mereka reka sendiri bagaimana cara membuatnya dan bagaimana bentuk dan ukuran benda tersebut. 

Ada yang sudah pernah membuatnya seperti di sini, tapi sudah melakukan banyak modifikasi sehingga tidak sama deangn yang dicontohkan. Anak anak di rumah ingin membuat mesin yang serupa dengan contoh. Termasuk bagian katup kelereng yang membuka menutup dan dapat mengeluarkan kelereng sedikit demi sedikit. 

Cara kerja mesin ini kurang lebih adalah memindahkan kelereng dati bagian atas ke bagian bawah melalui bidang miring dan jungkat jungkit. Kelereng meluncur dari bidang miring ke bagian tengah yang berbentuk jungkat jungkit dan massa penyeimbang sehingga bisa bergerak ke bawah ketika kelereng jatuh ke tempat penyimpanan jungkat jungkit, lalu meluncur membuka katup bagian bawah sampai ke wadah penyimpanan. Karena kelereng berpindah, maka berat pada bagian jungkat jungkit yang terisi kelereng menjadi kosong sehingga jungkat jungkit dapat bergerak naik ke atas menunggu kelereng yang berikutnya meluncur. Begtulah seterusnya mesin ini bergerak sampai kelereng habis.

Ada beberapa mesin yang harus dibuat yaitu: Badan mesin, bidang miring, jungkat jungkit, katup 1 di bidang miring, katup 2 di jungkat jungkit.
1. Membuat badan utama mesin

Badan mesin harus cukup ukuran tinggi dan lebarnya agar bidang miring dan jungkat jungkit dapat bergerak dengan baik.  Setelah badan, kita akan membuat bidang miring dan jungkat jungkit.
Badan, jungkat jungkit dan bidang miring
2. Membuat bidang miring

Bidang miring dibuat dari karton. Lebar bidang miring harus disesuaikan dengan ukuran kelereng yang akan melewatinya.  Panjang bidang miring dibuat lebih panjang dari ukuran badan utama dan akan disesuaikan kembali nanti. Jika terlalu pendek, kelereng tidak dapat sampai pada tempat penampungan sementara di bagian jungkat jungkit, jika terlalu panjang akan melampaui tempat penampungan sementara jungkat jungkit yang berada di bawahnya.

Bidang miring yang belum pasti ukurannya

3. Membuat jungkat jungkit

Jarak antara kedua jungkat jungkit harus disesuaikan agar tidak bertabrakan satu dan lainnya. Panjang jungkat jungkit juga harus tepat agar bagian wadah kelereng pada jungkat jungkit dapat menerima kelereng dari bidang miring.

Setelah itu kita akan membuat poros dari batang sumpit.Sesuaikan jarak poros dari batang jungkat jungkit dan tentukan posisi melubangi poros pada badan mesin. Jangnan melubangi badan mesin terlalu besar dan terlalu ke pinggi karena akan merusak karton.

Jungkat jungkit beserta poros yang dapat bergerak

4. Memasang wadah penyeimbang berat pada jungkat jungkit.


Usahakan badan berada di bagian tengah agar mudah mencapai titik setimbang.
Wadah pemberat pada jungkat jungkit mulai dipasang
Penyeimbang berat yang sudah jadi

5. Memasang katup perpanjangan bidang miring. Katup harus bisa terbuka dan tertutup dengan mudah. Itu sebabnya katup disambung denagn mengngunakan kawat. Sesuaikan besar katup dengan ukuran kelereng.



Katup pada bidang miring yang dapat naik turun

Menguji katup bidang miring dengan kelereng

Agar katup bisa menutup dan membuka ketika ada kelereng, dipasang karton pada bagian tengah. Sesuaikan kembali dengan ukuran kelereng agar tidak tersangkut ke dalam katup.

Katup pada bidang miring yang dapat bergerak dan membuka tutup


6. Memasang wadah kelereng pada jungkat jungkit. Wadah kelereng harus dapat bergerak naik turun agar dapat membuat kelereng bergerak ke bawah. Wadah disambung denagn kawat.
Wadah kelereng  penampung sementara pada jungkat jungkit

Wadah kelereng sementara pada jungkat jungkit yang disambung dengan kawat agar dapat bergerak naik turun







Ini adalah hasil dari mesin tersebut. Mesin sudah bisa bekerja tapi masih belum sesuai dengan yang diharapkan pembuatnya.


Ternyata ada banyak masalah yang ditemukan ketika membuat mesin ini antara lain:
  • Kelereng yang jatuh dari bidang miring tidak dapat mengimbangi pemberat kelereng. Untuk memperbesar energi kelereng, bagian bidang miring ditinggikan dengan cara diganjal kayu.
  • Kelereng tidak dapat bergerak lurus sehingga banyak kehilangan energi. Bidang lintasan kelereng harus diperbaiki sesuai dengan diameter kelereng.
    Bidang lintasan yang berbelok belok
    Lintasan kelereng diganjel dengan balok kayu
  • Katup perpanjangan bidang miring yang terbuat dari kertas karton sudah empuk sehingga tidak bisa menahan kelereng dengan baik sehingga harus diganti dengan karton yang lebih tebal. Selain itu bidang lintasan kelereng pada katup dan tempat penampungan sementara harus memudahkan kelereng untuk bergerak dan tidak ada kawat atau penghalang lain.
  • Kawat menghalangi kelereng

    Katup sudah diganti

  • Panjang batang pembuka katup harus disesuaikan lagi dengan tempat penampungan sementara kelereng yang juga sudah kusut.
Setelah diperbaiki dan dicoba berkali kali akhirnya mesin ini dapat juga bekerja. Hasilnya dapat dilihat disini:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar