Rabu, 12 November 2014

Belajar Membuat Extension Grabber dari Instructables



Saya mengajak anak saya yang ke 4 yang berusia 5 tahun untuk membuat mainan ini dari situs instructables.  Instruksi di instructables cukup jelas dan mudah untuk diikuti, mainan yang dibuat juga cukup sederhana sehingga kita tidak mengalami kesulitan. Anak no 4 saya ajak untuk menggunting menempel dan merakit. Ada bagian bagian lain yang tidak bisa dia kerjakan sendiri seperti melubangi batang dan memotong batang tusuk sate.

Dibawah ini adalah cara membuatnya:
  • 8 batang stik es krim
  • Selotip kertas
  • Batang lidi
  • Sedotan

Buat batang panjang grabber dari 2 batang stik es yang disatukan. Caranya susun 2 batang berurutan, lengkapi tengahnya denagn batang lidi, lalu tutup sambungan denagn selotip kertas. Buat 4 batang stik yang panjang. 2 Batang panjang stik eskrim disusun dengan bentuk bersilangan sehingga membentuk huruf X, pasang batang lidi di tengah tengahnya sebagai poros.

Kita memiliki 2 huruf X. Sambung kedua batang tersebut sehingga terbentuk seperti di bawah ini:

Batang bisa dilengkapi dengan tangan penangkap yang terbuat dari kawat atau batang stik es yang pendek.
Selama membuat mainan ini ternyata sang anak sudah memiliki fikiran lain untuk hasil akhir mainannya, dari membuat extension grabber ternyata dia malah lebih berminat untuk membuat baling baling kayu yang bisa diterbangkan, jadi pin yang menyatukan kedua batang berbentuk x dibiarkan panjang, kemudian diputar dengan cepat sehingga bisa terbang.

Ulasan

Sambungan kayu yang berada di tengah cukup bagus, tapi sambungan pada bagian tepi kurang kaku jadi grabbernya melengkung dan mudah putus.
Saya coba memodifikasinya denagn membuat lubang di batang es agar sambunan tidak mudah copot dan bengkok.


Hasilnya:


Tapi ternyata mainan ini bisa juga dibuat dari mainan sekrup yang bisa dirakit sendiri dan lebih mudah membuatnya  untuk usia 5 tahun.


Mainan sekrup ini memang sudah didesain untuk anak usia 3 tahun ke atas, walaupun ternyata ada bagian yang secara ergonomi kurang untuk anak usia 3 tahun seperti sekrup yang terlalu kecil dan sempit sehingga sulit untuk memasangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar