Jumat, 04 Juli 2014

Papercraft- Google Sketch Up - Pepakura-Kegiatan Motorik Halus Anak



Banyak yang berpendapat anak usia di bawah 7 tahun sebaiknya lebih banyak beraktivitas menggunakan motorik halus dan kasar serta berhubungan denagn dunia nyata. Jika logika anak mulai terbentuk denagn baik, didukung denagn kemampuan lain seperti matematika dan bahasa, baru anak dapat dikenalkan pada kegiatan yang berhubungan denagn komputer.

Berbeda deangn pekerjaan menggunting kertas. Pekerjaan gunting menggunting kertas sebenarnya bisa dikenalkan pada anak ketika ia mampu memegang kertas, memegang pensil dan mampu memegang gunting dengan baik dan benar.  Biasanya ini terjadi pada anak usia sekitar 2 tahun. Jika anak sudah bosan bermain warna dan menggambar, membuat benda benda seperti kubus dan model 3 dimensi sederhana dapat dikenalkan. Walaupun belum resmi belajar tentang geometri, anak   mulai belajar mengenal, membentuk dan merasakan adanya perubahan fisik dari kertas sebagai bidang datar menjadi bidang 3 dimensi. Bagi anak anak saya hal ini menjadi kegiatan yang cukup menyenangkan sehingga hampir setiap ada waktu luang mereka gunakan untuk menggunting dan membuat paper craft. Contoh paper craft kubus sederhana: http://anak-kesayangan.blogspot.co.id/2013/12/papercraft-kubus-sederhana.html

Ada beberapa site di internet yang menyediakan berbagai template papercraft yang dapat didownload secara gratis. Beberapa model dibuat dengan sederhana, beberapa dibuat cukup rumit sehingga sulit dikerjakan anak usia 7 tahun ke bawah. Beberapa site yang dapat dikunjungi antara lain : 
Silahkan pilih sendiri mana papercraft yang sesuai untuk anak anda baik dari segi contentnya atau pun derajat kesulitannya. Membuat papercraft sesuai template dapat memberikan beberapa manfaat seperti melatih motorik halus menggunting dan menempel, membuat perkiraan seperti apa bentuk 3 dimensi yang dihasilkan kelak, melatih berfikir secara runut dan mengerjakan instruksi sesuai perintah. Satu kekurangan yang ada pada proses ini adalah kreativitas. Template papercraft yang ada di internet dikerjakan dengan komputer dengan desain yang cukup menarik. Ada kemungkinan anak sudah terlanjur suka dengan template tersebut dan tidak ada keinginan untuk mencoba membuat sendiri tempate papercraft karena takut gagal, atau takut gambar yang dihasilkannya tidak sebagus template yang sudah jadi. Untuk anak usia 5 tahun ke bawah kemampuan mewujudkan benda 3 dimensi dari sehelai kertas (2 dimensi ) masih sangat terbatas sehingga belum tentu mampu membuat sendiri papercraft yang diinginkannya. Jika hal ini terjadi kita dapat mendownload template papercraft yang polos atau membuat template sendiri dengan bentuk sederhana seperti ini. Jangan takut kesenangan menjadi berkurang. Anak bisa tetap bersemangat karena misteri mengetahui bentuk 3dimensi dari bentuk 2 dimensi tetap ada. Anak juga dapat menambahkan sendiri pola seperti apa yang diinginkannya atau sekedar mewarnai template polos tersebut.

Untuk anak yang lebih besar usianya, mereka dapat mencoba untuk membuat sendiri tempate papercraft sesuai keinginannya. Dorongan orang tua dibutuhkan di sini karena sebagus apapun template yang sudah jadi, tentu buatan sendiri lebih bagus dan lebih bermanfaat pada anak. Ini adalah salah satu karya anak anak di rumah yang membuat papercraft dengan tangan. Setelah selesai hasil gambar discan, diedit di photoshop dan diprint. 




 



 


Gambar di atas adalah karya no 3 usia 8 tahun.  Semua dikerjakan secara manual sebelum di scan di komputer.

Berhubung no 1 juga ingin merancang bentuk dan model paper craftnya sendiri, no 1 (yang berusia 13 tahun sekarang) saya kenalkan pada program aplikasi google sketch up dan pepakura. (keduanya adalah software gratis yang dapat didownload di sini dan sini.  Google sketch up adalah software grafis yang dapat menggambar 3 dimensi lengkap sampai pada tahap merender. Pepakura adalah software gratis yang sering dipakai oleh pembuat papercraft untuk memindahkan bentuk 3 dimensi pada komputer ke dalam bentuk 2 dimensi pada kertas.

Ternyata yang lebih bersemangat memakai program aplikasi tersebut adalah no 4 yang berusia 5 tahun.banyak sekali hasil karyanya yang dibuat melalui google sketch up dan pepakura ini. Sayangnya ada beberapa hasil karyanya yang tidak dapat diselesaikan karena modelnya terlalu rumit dan kecil sehingga sulit untuk digunting apalagi ditempel. Ini adalah beberapa hasil karyanya yang tersisa.


Bentuk silinder yang dilubangi melalui fitur push and pull di google scketch up diselesaikan dengan spidol berwarna


Tank dan kamera atau bisa jadi apa saja sesuai keinginannya
Selamat mencoba sendiri......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar